Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kepemimpinan kepala madrasah terhadap mutu pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyyah Muhammadiyah Kalosi Kabupaten Enrekang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan kepala madrasah, guru, siswa, dan orang tua, serta analisis dokumen sekolah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah memiliki visi dan misi yang jelas dan berfokus pada peningkatan mutu pendidikan, yang diwujudkan melalui berbagai kebijakan dan strategi inovatif seperti pelatihan rutin bagi guru dan penggunaan metode pengajaran berbasis teknologi. Pengaruh positif dari kepemimpinan kepala madrasah terhadap guru terlihat dari peningkatan kompetensi dan motivasi mereka, sementara siswa menunjukkan pemahaman yang lebih baik dan peningkatan dalam aspek spiritual dan moral. Selain itu, partisipasi aktif orang tua dalam proses pendidikan juga memberikan dukungan tambahan yang signifikan bagi keberhasilan belajar siswa. Meskipun demikian, kepala madrasah menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan resistensi terhadap perubahan, yang berhasil diatasi melalui kerjasama dan inovasi. Hasil penelitian ini mendukung teori kepemimpinan transformasional, instruksional, partisipatif, dan situasional, dan memberikan rekomendasi untuk peneliti selanjutnya untuk melakukan studi komparatif dan penelitian kuantitatif untuk memperluas pemahaman mengenai peran kepemimpinan dalam konteks yang beragam.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023