JoEMS : Journal of Education and Management Studies
Vol 7 No 4 (2024): Agustus

Manajemen Pengelolaan Keuangan Madrasah Tsanawiyah At-Taufiq Sambongdukuh Jombang

Rahmatika, Arivatu Ni'mati (Unknown)
Isyatirrodhiatin, Putri Alfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen pengelolaan keuangan pada Madrasah Tsanawiyah At-Taufiq Sambongdukuh Jombang. Manajemen keuangan madrasah merupakan salah satu substansi manajemen Lembaga Pendidikan yang akan turut menentukan kelancaran kegiatan madrasah. Kegiatan manajemen keuangan madrasah seyogyanya dilakukan melalui proses Budgeting (perencanaan), Accounting (pelaksanaan), Auditing (evaluasi dan pertanggung jawaban). Beberapa kegiatan manajemen keuangan berupa kegiatan memperoleh dan menetapkan sumber-sumber pendanaan, pemanfaatan dana, pelaporan, pemeriksaan dan pertanggung jawaban. Penelitian ini menggunakan pendekatan keualitatif dan menggunakan metode analisis isi (Content Analisys). Dengan menggunakan metode analisis isi peneliti melakukan penelitian kualitatif yang bersifat mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis secara objektif dan sistematik mengenai isi yang terkandung dalam media komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen keuangan pada Mts At-Taufiq Sambongdukuh Jombang sudah berjalan dengan sangat baik dan sistematis. Hal ini dibuktikan dengan proses penerapan manajemen keuangan yang dilaksanakan sesuai dengan teori-teori yang berkaitan dengan proses pelaksanaan keuangan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joems

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Journal of Education and Management Studies Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (JoEMS) provides a media to publish scientific articles as a result of research and development in social and political fields. JoESM publishes research, development and review articles in social and political fields with ...