Proyeksi: Jurnal Psikologi
Vol 19, No 1 (2024): April 2024

PELATIHAN REGULASI EMOSI: UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN REGULASI EMOSI PADA SISWA SMK

Fiqih, Fikri Tahta Nurul (Unknown)
Ambarini, Tri Kurniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan regulasi emosi untuk meningkatkan keterampilan regulasi emosi pada siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih sebanak 21 partisipan sebagai kelompok eksperimen. Alat ukur yang digunakan untuk pretest dan posttest adalah skala Emotion Regulation Questionnare (ERQ) yang terdiri dari 10 item, dengan 6 item mengukur strategi cognitive reappraisal dan 4 item mengukur strategi expressive supression. Pelatihan regulasi emosi dilaksanakan sebanyak 6 sesi dengan beberpa metode seperti ceramah, diskusi dan roleplay. Hasil analisis data menggunakan paired sample test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah intervensi, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan regulasi dapat meningkatkan keteranpilan regulasi emosi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

proyeksi

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Proyeksi: Jurnal Psikologi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung. Jurnal ini memuat hasil pemikiran dan studi empiris bidang psikologi atau bidang lain yang terkait dengan disiplin ilmu psikologi. Terbit setahun dua kali tiap April dan Oktober. ...