Stabilita : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari
Vol 12, No 2 (2024):

EVALUASI GEOMETRI JALAN ANGKUT DARI FRONT PENAMBANGAN MENUJU STOCKPILE TERHADAP PENCAPAIAN TARGET PRODUKSI PADA PT. ST NICKEL RESOURCES KABUPATEN KONAWE, PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Salu, Sahrul Poalahi (Unknown)
Syafar, Muhammad (Unknown)
Rustan, Fathur Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

PT. ST Nickel Resource Secara administratif Wilayah Izin Usaha Pertambangan terletak di Desa Matabura, Wawohine, Dunggua dan Desa Lalombonda, Kecamatan Amonggedo dan Pondidaha dengan luas 1.818 Ha. Berdasarkan realisasi produksi pada bulan oktober tahun 2020 sebesar 15.498ton dan realisasi produksi pada Bulan November tahun 2020 sebesar 16.902ton dari target produksi yang ditentukan perusahaan sebesar 18.200 ton/bulan. Pengaruh tidak tercapainya target produksi disebabkan karena besarnya waktu edar alat angkut Dumptruck Hino FM 260 JD yang digunakan dalam kegiatan pengangkutan yang beroperasi mengangkut bijih dari front penambangan menuju stockpile dengan jarak 6 km. Tingginya waktu edar disebabkan oleh kondisi geometri lebar jalan yang tidak memenuhi standar dibeberapa titik stasiun pada pengambilan data aktual di lapangan sehingga waktu tempuh kegiatan pengangkutan menjadi tidak maksimal dikarenakan adanya kendaraan yang harus berhenti ketika berpapasan dengan kendaraan lain. Dari hasil perhitungan standarisasi geometri jalan berdasarkan lebar maksimum alat angkut yang digunakan diperoleh lebar pada jalan lurus sebesar 8,80 meter, lebar pada jalan tikungan sebesar 15 meter, kemiringan jalan sebesar 11,70%, cross slope sebesar 2%, super elevasi sebesar 4%, jari-jari tikungan sebesar 18,50 meter. Dari hasil evaluasi geometri jalan maka dibuat simulasi yang memperlihatkan peningkatan produktivitas. Simulasi dibuat dengan mengurangi waktu edar sebesar 5 detik, 10 detik dan 15 detik. Pada simulasi pengurangan waktu 5 detik diperoleh peningkatan produksi sebesar 19.363,93 ton/bulan, pengurangan waktu edar 10 detik diperoleh peningkatan produksi sebesar 20.978,26 ton/bulan dan pengurangan waktu edar 15 detik diperoleh peningkatan produksi sebesar 22.885,45 ton/bulan. Dari hasil simulasi penurunan waktu edar alat angkut dengan pelebaran jalan angkut yang menghubungkan front penambangan menuju stockpile dapat meningkatan produktivitas alat angkut sehingga target produksi tercapai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

stabilita_jtsuho

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

STABILITA hadir karena tuntutan intelektual dalam merespon isu-isu aktual terkait berbagai problematika dan menjadi wadah informasi bidang Teknik Sipil dalam konteks kekinian. Jurnal STABILITA ini mengangkat tulisan/karya ilmiah bidang Teknik Sipil (kajian transportasi, kajian struktur, kajian ...