Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Vol 25 No 2 (2024): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan

Dakwah Muhammadiyah Melalui Media Sosial

DAMAYANTI, VANIA SISKA (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2024

Abstract

Kehadiran media sosial menyebabkan banyaknya perubahan dalam cara masyarakat melakukan aktivitas dan komunikasi mereka. Perubahan ini juga termasuk didalamnya aktivitas dakwah Muhammadiyah. Dakwah di era digital memberikan dampak pada dunia dakwah saat ini, yakni memberikan kemudahan, yang akan membuat batasan-batasan waktu dan jarak antar individu menjadi hampir tidak ada. Penelitian ini akan melihat mengenai bagaimana pelaksanaan dakwah di era modern seperti sekarang ini, khususnya melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dakwah eksis di era milenial saat ini dengan perspektif Muhammadiyah serta apa saja tntangan-tangan yang dihadapi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dan data penelitian ini berasal dari data sekunder yang berasal dari penelitian terdahulu (Library Research). Hasil dari penelitian menemukan bahwa era modern memberikan adanya jalan baru dalam melaksanakan dakwah islam yakni melalui media sosial, namun dalam pelaksanaanya tentunya terdapat tantangan dan hambatan. Agar dakwah dapat tersampaikan dengan utuh sesuai sasarannya, maka pemilihian platform media sosial yang tepat sangat berpengaruh, serta konten dan metode penyampaian yang digunakan juga akan menentukan keberhasilan pelaksanaan dakwah Muhammadiyah Kata Kunci: Dakwah, Muhammadiyah, Media Sosial

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tamaddun

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal ini bernama Tamaddun yang artinya (peradaban, kebudayaan, kemajuan) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik, terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juli dan Januari. Tujuan dari jurnal ini adalah memfasilitasi para ...