Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Vol 25 No 2 (2024): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan

PERAN GURU PENDISIPLINAN KELAS TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD MUHAMMADIYAH GRESIK

Santoso, Subhan Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2024

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Apa peran guru dalam menciptakan disiplin kelas di SD Muhammadiyah Gresik, (2) Apa prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah Gresik, (3) Adakah korelasi antara peranan guru dalam menyiptakan disiplin kelas dengan prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah Gresik. Penelitian ini menggunakan metode antara lain: populasi, sampel, sumber data, metode pengumpulan data dan juga tehnik analisis data. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat empat peran yang harus dilakukan oleh seorang guru pendisiplin kelas, yaitu guru sebagai pelaksana pertama tata tertib, guru sebagai pengarah siswa dalam melaksanakan segala aturan sekolah, guru sebagai pengawas siswa dalam melaksanakan segala aturan sekolah dan guru memberikan hadiah dan hukuman kepada para siswa. Prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah Gresik menunjukkan nilai yang cukup. Ada korelasi antara peranan guru dalam menciptakan disiplin kelas terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah Gresik dan korelasi yang ditunjukkan tergolong korelasi yang cukup dengan nilai skor 0,698. Kata kunci: Peran Guru, Disiplin Kelas, Prestasi Belajar Siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tamaddun

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal ini bernama Tamaddun yang artinya (peradaban, kebudayaan, kemajuan) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik, terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juli dan Januari. Tujuan dari jurnal ini adalah memfasilitasi para ...