Tujuan penelitian yang diteliti adalah untuk mengetahui, memahami dan menganalisa apakah terdapat pengaruh kedisiplinan terhadap kecerdasan spiritual peserta didik, untuk mengukur seberapa besar pengaruh kedisiplinan terhadap kecerdasan spiritual peserta didik, dan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana pengaruh kedisiplinan terhadap kecerdasan spiritual peserta didik. Manfaat yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:Bagi peneliti dapat menambah pengetahuan dan wawasan dalam kedisiplinan terhadap kecerdasan spiritual peserta didik serta dapat dijadikan sebagai studi banding dan dasar pemikiran bagi timbulnya gagasan-gagasan baru dalam dunia pendidikan khususnya dalam mengembangkan kedisiplinan siswa, bagi siswa memberikan masukan bagi peserta didik mengenai pentingnya kedisiplinan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual,dan bagi lingkungan pendidikan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kedisiplinan siswa.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif analitik kolerasional. Hasil penelitian ini adalahpengaruh kedisiplinan terhadap kecerdasan spritual peserta didik. Apabila diliat rxy yang diperoleh yaitu 0,518 ternyata terletak antara0,40 – 0,70 berdasarkan pedoman yang terdapat pada tabel. Sehingga dapat dinyatakan bahwa antara korelasi variabel X (Kedisiplinan) dan variabel Y (Kecerdasan Spiritual) adalah korelasi yang tergolong sedang atau cukup.Kesimpulan pada penelitian ini adalahpengaruh kedisiplinan terhadap kecerdasan spiritual peserta didik adalah melakukan eksperimen sendiri guna mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, dan analitis menggunakan macammacam sumber informasi dan gagasan untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap maslah, topik, dan isu
Copyrights © 2023