Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol 5 No 1 (2024): Education and Islamic Studies (Januari-Juni)

Strategi Guru PAI dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Peserta Didik di MTs Negeri 6 Jakarta

Fahri Fadli Muhammad (Unknown)
Suprapto (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengenai strategi yang diterapkan guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai akhlak peserta didik di MTs Negeri 6 jakarta dan kendala yang dihadapi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai akhlak peserta didik di Mts Negeri 6 jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pengamatan wawancara, dan penelaan dokumen. Penelitian ini memakai analisis data melalui proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati tentang kehidupan seseorang, cerita, perilaku, dan juga tentang fungsi organisasi, gerakan sosial atau hubungan timbal balik. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menekankan pada apa yang terjadi tanpa adanya rekayasa yang nantinya memudarkan hasil penelitian sebagaimana yang terjadi lapangan. Sumber data yang diperoleh peneliti melalui penelitian lapangan. Sumber data yang didapat menggambarkan realita sosial yang berupa kata-kata yang nantinya dapat didapat dari hasil pengamatan dan wawancara serta gambar-gambar yang menjadi dokumentasi atau studi dokumentasi yang bukan berupa angka-angka. Hasil penelitian ini adalah bahwa Strategi guru yang dilakukan dalam penanaman nilai-nilai akhlak peserta didik di MTs yaitu adanya pembelajran tentang akhlak di dalam ruang kelas, pendidik menjadikan dirinya sebagai teladan atau contoh. Adanya pembelajaran di luar pembelajaran formal. Adanya pembatasan sanksi, faktor pergaulan peserta didik, faktor orang tua, kurangnya disiplin peserta didik, kurangnya disiplin peserta didik, kurangnya pendidik yang membina peserta didik dan belum serentaknya pendidik dalam penanaman nilai-nilai akhlak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aujpsi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam , 2809-7459 (ONLINE) dan 2745-7796 (PRINT) , merupakan jurnal OPEN ACCESS dan Peer-reviewed. Jurnal ini memiliki Focus and Scope dalam kaitannya dengan wacana-wacana keislaman dewasa ini serta menitikberatkan pada pembahasan Dinamika & Pergolakan ...