Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol 5 No 1 (2024): Education and Islamic Studies (Januari-Juni)

Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik

Akbar Maulana (Unknown)
Suprapto (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan menurunnya motivasi belajar peserta didik sebab oleh faktor minimnya berinteraksi sosial ditambah proses interaksi sosial antara pendidik terhadap peserta didik yang kurang interaktif dan komunikatif saat pembelajaran luring mengakibatkan menurunnya motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengukur pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI serta menganalisa strategi untuk meningkatkan motivasi belajar melalui interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional dengan menggunakan intrumen kuisioner yang di sebar pada 41 sampel dari total 460 populasi kelas XI-IPA 1 dan XI-IPA 2 di SMA Bina Pangudi Luhur Jakarta. Adapun intrumen kuisioner berjumlah 20 butir pernyataan positif dan negatif pada variable X dan Variabel Y. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa terdapat pengaruh peran pendidik terhadap motivasi belajar peserta didik, dilihat dari uji koefisien product moment mengahsilkan “Rˣʸ” atau “R˳” sebesar 0,660, dan koefisien determinasi dengan nilai 0,436, hasil tersebut lebih besar dari “r˕” pada taraf signifikan 5% sebesar 0,308 dan taraf signifikan 1% sebesar 0,398. Dengan demikian hipotesis alternatif (Hₐ) diterima atau di setujui sedangkan hipotesis nihil (H˳) tidak diterima atau tidak di setujui. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat korelasi yang kuat/tinggi dari pengaruh interaksi sosial terhadap karakter peserta didik dalam pembelajaran PAI dengan nilai 0,660 atau 66%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aujpsi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam , 2809-7459 (ONLINE) dan 2745-7796 (PRINT) , merupakan jurnal OPEN ACCESS dan Peer-reviewed. Jurnal ini memiliki Focus and Scope dalam kaitannya dengan wacana-wacana keislaman dewasa ini serta menitikberatkan pada pembahasan Dinamika & Pergolakan ...