Penelitian ini adalah penelitian mandiri yang dilakukan untuk kedua kalinya di SIT Ikhtiar, Makassar mulai Agustus-Desember 2023 di Kota Makassar, menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer melalui kuesioner yang berisi pernyataan berkala likert, dan data sekunder melalui wawancara. Hasil jawaban responden dari data primer kemudian dianalisis dengan menggunakan alat bantu statistik SPSS versi terkini. Dengan menggunakan hipotesis nol, juga dilakukan teknik analisis data dengan melalukan uji reliabilitas, validitas, juga asusmsi klasik, heteroskedastisitas, multikorelastisitas dan uji parsial. Dari populasi 300 orang lebih yang meliputi guru dan siswa, ditarik sampel dengan menggunakan rumus slovin, maka diperoleh sampel sebanyak 172 responden, dengan standar eror 0,05%. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Uji hipotesis Desain Alur Manajemen Pembelajaran ADLX, Desain Alur Pembelajaran ADLX berpengaruh positif dan siqnifikan terhadap Karakter Siswa. Hal tersebut dibuktikan hasil output statistik dimana nilai thitung ttabel yang mana thitung adalah 3,307 dan untuk nilai ttabel = 1,6607 dengan nilai sig. 0,001 0.05; 2) Hasil uji hipotesis Kompetensi Guru berpengaruh positif dan siqnifikan yang dibuktikan output statistik dimana tabel = 1,6607 dengan nilai sig. 0,028 0.05 ; 3) Variabel Budaya Sekolah berpengaruh positif dan siqnifikan terhadap Karakter Siswa, dengan output statistik dimana thitung ttabel yang mana thitung adalah 5,506 dan untuk nilai ttabel = 1,6607 dengan nilai sig. 0,0000.05; dan 4) Desain alur manajemen pembelajaran ADLX, Kompetensi Guru dan Budaya Sekolah secara simultan terhadap karakter berdasarkan analisis statistik bahwa Berdasarkan hasil uji F (uji simultan) diperoleh nilai Fhitung sebesar 27,373 dengan F0,5;97;3 atau disebut dengan Ftabel sebesar 2,700 sehingga diperoleh Fhitung F-tabel. Simpulan penelitian ini adalah: 1) Desain alur manajemen pembelajaran ADLX memberikan peningkatan memberikan peningkatan pula pada karakter siswa; 2) Kompetensi guru Dimana setiap terjadi peningkatan nilai kompetensi guru, maka akan memberikan peningkatan pada karakter siswa; 3) Budaya sekolah Dimana setiap terjadi peningkatan nilai budaya sekolah akan memberikan peningkatan pula pada karakter siswa dan; 4) Secara simultan (bersamaan) bahwa semua variabel yang diuji dalam penelitian ini memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas dan karakter siswa pada SIT Ikhtiar Kota Makassar.Kata kunci: ADLX, Kompetensi Guru, Budaya Sekolah dan Karakter Siswa
Copyrights © 2023