Journal Competency of Business
Vol. 8 No. 1 (2024): Journal Competency of Business

STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA BARBERSHOP DENGAN PENDEKATAN SWOT ANALISIS (Studi Kasus Pada Joni Barbershop di Sleman Yogyakarta)

Mulyono, Mulyono (Unknown)
Prasetyo, Heri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi perusahaan Joni Barbershop dari faktor internal dan eksternal yang ada di perusahaan, untuk mengetahui dimana posisi perusaahaan saat ini dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Joni Barbershop pada sat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengolahan data menggunakan analisis SWOT( strength , weakness, opportunities dan treats). Dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah karyawan Joni Barbershop di Sleman Yogyakarta yang berjumlah 7 orang. Penelitian ini bertempat di Joni Barbershop Jln Besi Jangkang Widodomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta.. Hasil dari penelitian ini adalah pada faktor internal yaitu nilai kekuatan yang tinggi berada pada pengaruh lokasi terhadap kelangsungan usaha. Kemudian dalam kenyamanan tempat serta pemberian ruang tunggu yang terpisah,nilai kelemahan paling tinggi terdapat pada poin keterbatasan ketrampilan karyawan dalam merawat peralatan Hasil analisis data pada faktor eksternal yaitu nilai peluang yang tinggi berada pada kemampuan menangkap pangsa pasar di lingkungan usaha nNilai ancaman paling tinggi terdapat resiko penurunan fungsi peralatan, strategi pemasaran yang di terapkan di Joni Barbershop di Sleman Yogyakarta adalah dengan menggunakan strategi SO (Strength and Opportunities).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JCoB

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Journal Competency of Business is a peer-reviewed journal published twice a year (July and December) by the Management Study Program at Universitas Cokroaminoto Yogyakarta. Journal Competency of Business discusses management and business broadly and its applications, especially for research relevant ...