Journal Competency of Business
Vol. 8 No. 1 (2024): Journal Competency of Business

PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA SHOPEE DI YOGYAKARTA

Daeli, Sadarhati (Unknown)
Giyartiningrum, Eko (Unknown)
Suji'ah, Uju (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk Mengetahui Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee Di Yogyakarta. 2) Untuk Mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee Di Yogyakarta. Dan 3) Untuk Mengetahui Sosial Media Marketing dan Kualitas Pelayanan Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian pada pengguna Shopee di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif . Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu : Sosial media marketing (X1), Kualitas Pelayanan (X2) dan keputusan pembelian (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner di google form pada pengguna shopee di Yogyakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis linier berganda dengan bantuan SPSS versi 29. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh positif sosial media marketing terhadap keputusan pembelian pada pengguna Shopee di Yogyakarta, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 6.040; nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,570. 2) terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada pengguna shopee di Yogyakarta dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 3.497 nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,564. 3) terdapat pengaruh antara sosial media marketing dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada pengguna shopee di Yogyakarta, dibuktikan dari nilai f hitung sebesar 176.264; nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JCoB

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Journal Competency of Business is a peer-reviewed journal published twice a year (July and December) by the Management Study Program at Universitas Cokroaminoto Yogyakarta. Journal Competency of Business discusses management and business broadly and its applications, especially for research relevant ...