Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Vol 5, No 1 (2024): Indonesian Journal of Social and Educational Studies

The Influence of Body Weight High-Intensity Interval Training (HIIT) Ratio 1:1 and 1:3 on the Cardio Respiratory Fitness (CRF) Level of BKMF Pencak Silat Athletes in Universitas Negeri Makassar

Wantoro, Galant (Unknown)
Kamaruddin, Ilham (Unknown)
Hasyim, Hasyim (Unknown)
Usman, Arifuddin (Unknown)
Hudain, Muh. Adnan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Abstrak. Penelitian ini adalah eksperimental (quasi-eksperiment) yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan bodyweight High Intensity Interval Training (HIIT) Rasio 1:1 dan 1:3 terhadap tingkat Cardio Respiratory Fitness (CRF) atlet pencak silat BKMF Universitas Negeri Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah latihan bodyweight HIIT 1:1 dan 1:3, serta variabel terikatnya adalah tingkat Cardio Respiratory Fitness  (CRF). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet pencak silat BKMF UNM, sampel kelas kontrol berjumlah 10 orang, kelas eksperimen variabel x1 10 orang, serta kelas eksperimen pada variabel x2 10 orang, total sampel 30 orang. Data diperoleh dari harvard step test  berupa pretest dan post tes. Teknik analisis data menggunakan analisis uji paired t-test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh pengaruh latihan bodyweight HIIT rasio 1:1 terhadap tingkat CRF, memiliki nilai awal 67.397, nilai akhir 71.359, Selisih 3.962, sig 0.000, dan pengaruh latihan bodyweight HIIT rasio 1:3 terhadap tingkat, memperoleh nilai awal 68.714, nilai akhir 71.866, Selisih 3.152, sig 0.000, serta kelompok kontrol terhadap tingkat CRF, memperoleh nilai awal 66.602, nilai akhir 68.782, Selisih 2.18, sig 0.003. Dan terdapat perbedaan yang signifikan antara pengaruh latihan bodyweight HIIT rasio 1:1 dengan rasio 1:3 terhadap tingkat CRF atlet pencak silat BKMF UNM. Keywords: Interval Training; Bodyweight Training; and Cardio-Respiration.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijses

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Indonesian Journal of Social and Educational Studies welcomes any research papers on education and social sciences using techniques from and applications in any technical knowledge domain: original theoretical works, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning ...