Journal of Education and Culture
Vol. 4 No. 3 (2024): Journal of Education and Culture

Pembelajaran al-Qur’an dan Budaya Lokal dalam Penguatan Identitas Keagamaan

Fauzi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pola hubungan antara agama dan budaya lokal yang dipelajari dari al-Qur’an dan budaya lokal. khususnya dalam penguatan identitas keagamaan sangat penting dilakukan. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan, yakni dengan serangkaian aktivitas pengumpulan, mengelola serta menganalisis informasi yang diambil dari literatur-literatur tertulis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini dikategorikan ke dalam beberapa kelompok, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer adalah bahan pustaka yang menjadi kajian utama atau pokok penelitian. Sedangkan sumber sekunder yang digunakan adalah jurnal dan hasil penelitian yang berhubungan dengan pembelajaran al-Qur’an dan budaya lokal dalam penguatan identitas agama. Setelah melakukan pengumpulan data dalam melakukan riset kepustakaan, maka langkah berikutnya adalah menganalisis data yang telah didapatkan saat melakukan pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam konteks pendidikan, budaya memiliki peran yang sangat penting karena dapat mendukung proses pembelajaran siswa. Integrasi budaya dalam pembelajaran al-Qur’an memungkinkan potensi peserta didik berkembang lebih optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jec

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The focus and scopes are education, teaching and learning, culture, religion, philosophy, ‎theology, social, humanities, and language fields.‎ The frequency of publication is three times a year on June, October, and ...