Imatype: Journal of Graphic Design Studies
Vol 3, No 1: February 2024

Analisis Permasalahan Identitas Visual Lawana Batik Indonesia

Valencia, Jessica (Unknown)
Suwanto, Kartika Magdalena (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2024

Abstract

Identitas visual merepresentasikan citra sebuah brand, sehingga adanya identitas yang dapat menyampaikan pesan memiliki peran yang penting. Lawana Batik Indonesia adalah bisnis fesyen batik modern yang mengikuti program pembinaan mahasiswa wirausaha (P2MW) yang memiliki keunikan pada produk maupun brand story. Pada makalah ini, penulis ingin mengidentifikasi masalah identitas visual yang ada pada logo maupun media yang ada pada brand. Permasalahan identitas visual mengacu pada 5 tahapan metodologi desain yang dikembangakan oleh Alina Wheeler dari buku Designing Brand Identity, pada makalah ini hanya akan memfokuskan pada 2 tahapan awal yaitu conducting research dan clarifying research. Berdasarkan penemuan dan studi, penulis akan menjabarkan permasalahan utama yang didapatkan yaitu identitas visual Lawana Batik Indonesia yang tidak merepresentasikan unique selling point dan brand story yang unik dan tidak adanya konsistensi identitas pada media yang telah ada.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IMATYPE

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

IMATYPE Journal of Graphic Design Studies is a peer-reviewed billingual journal that focuses on the foundational discussion of graphic design studies. The journal is published by the Department of Visual Communication Design of Universitas Pelita Harapan, and managed by Universitas Pelita Harapan ...