Perpustakaan MAN 22 Jakarta, sebuah perpustakaan sekolah, bertindak sebagai sarana demi menggali referensi ilmu pengetahuan. Mekanisme administrasi dan pengolahan laporan yang masih manual membentuk faktor utama keterlambatan dalam penyusunan laporan peminjaman, memerlukan tempo yang panjang untuk penyelesaiannya, kurangnya akurasi dalam mekanisme peminjaman, juga ketidaktepatan dan kurangnya keakuratan informasi atau laporan. Untuk mengatasi permasalahan ini, dibutuhkan sistem komputerisasi atau implementasi komputer yang dapat memperlaju dan menyederhanakan pembentukan data di Perpustakaan MAN 22 Jakarta, sehingga dapat menciptakan perpustakaan yang terorganisir dan sistematis. Sebab itu, penting merancang sejenis sistem informasi perpustakaan seraya menggunakan berbagai diagram UML, termasuk diagram use case, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram. Beberapa aktor yang terlibat dalam sistem ini meliputi pustakawan, sistem, dan anggota perpustakaan. Hasil dari perancangan ini mencakup daftar aktor dan deskripsi mereka, satu diagram use case, empat diagram activity, satu diagram class, dan tiga diagram sequence. Skema ini memenuhi persyaratan untuk melanjutkan ke tahap pembangunan sistem.
Copyrights © 2023