Proses pembelajaran di masa peralihan membuat semangat dan minat belajar peserta didik menjadi menurun yang menyebabkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK khususnya pada materi passing-control. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan produk video tutorial passing control sepak bola. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yakni analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah ahli isi materi, ahli media, dan praktisi guru PJOK. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan observasi. Teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif adalah teknik analisis data yang digunakan. Hasil analisis dari ahli isi mata pelajaran menunjukkan bahwa video tutorial teknik dasar passing dan control sepakbola memperoleh persentase 100% pada kualifikasi sangat baik. Tanggapan ahli media pembelajaran memperoleh persentase 100% berada pada kualifikasi sangat baik. Tanggapan ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 100% berada pada kualifikasi sangat baik, tanggapan praktisi lapangan memperoleh persentase 97% berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa video tutorial passing-control layak digunakan untuk pembelajaran di tingkat SMP khususnya siswa kelas VIII pada pembelajaran PJOK. Implikasi penelitian ini yaitu media video tutorial passing-control dapat digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan passing-control sepakbola.
Copyrights © 2023