Jurnal Sosial dan Abdimas
Vol 6 No 2 (2024): Jurnal Sosial & Abdimas

Strategi Video Branding Tanaman Hias dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Kabupaten Bandung Barat

Angliawati, Ria Yuli (Unknown)
Syaodih, Erliany (Unknown)
Fitriani, Pipit (Unknown)
Surman, Surman (Unknown)
Tukiman, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemasaran digital UMKM tanaman hias di Desa Cihideung, Kabupaten Bandung Barat melalui pelatihan dan pendampingan strategi video branding. Mengingat pesatnya perkembangan teknologi digital dan pentingnya visualisasi produk, video branding telah menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan daya tarik produk dan penjualan. Metode yang digunakan adalah wawancara langsung kepada penjual tanaman hias, dan juga metode pelatihan dan pendampingan, pengembangan keterampilan dalam penggunaan smartphone dan teknologi videografi. Pelatihan ini mencakup teknik dasar videografi, penggunaan peralatan, dan proses editing dengan aplikasi CapCut. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa dengan peningkatan keterampilan dalam perekaman dan pengeditan video, UMKM dapat memaksimalkan potensi pemasaran digitalnya, sehingga berdampak positif pada penjualan dan citra merek mereka. Program ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk pengembangan pelatihan serupa di daerah lain, guna meningkatkan daya saing UMKM di era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsa

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Sosial dan Abdimas merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Pengabdian Kepada Masyarakat di ...