Pariwisata merupakan suatu keseluruhan elemen-elemen terkait yang di dalamnya terdiri dari wisatawan, daerah tujuan wisata, perjalanan, industri dan lain sebagainya yang merupakan kegiatan pariwisata. Untuk berkunjung ke tempat wisata tentunya wisatawan harus sudah mempunyai tujuan tempat wisata, oleh karena itu untuk mempermudah calon wisatawan dalam mengetahui lebih banyak mengenai tempat wisata dengan informasi yang akurat dan rekomendasi pemilihan objek wisata yang sesuai dengan kriteria-kriteria yang dipilih, maka dibutuhkan sebuah sistem komputerisasi yang memuat seluruh informasi daerah wisata secara online dengan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto yang diharapkan dapat digunakan untuk mendapatkan informasi dan pendukung keputusan pemilihan objek wisata secara efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode studi kepustakaan, sedangkan pengembangan aplikasi menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto dan perancangan aplikasi dilakukan dengan tools UML (Unifield Modelling Language). Hasil dari penelitian ini adalah suatu aplikasi berbasis web yang dapat membantu para wisatawan dalam mencari tempat wisata yang direkomendasikan berdasarkan harga, jumlah fasilitas dan jarak. Mekanisme sistem ini meliputi memilih tempat wisata dan memasukkan jarak ke tempat wisata yang dipilih, yang nantinya akan menghasilkan keterangan tempat wisata tersebut direkomendasikan atau tidak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023