Jurnal Script
Vol. 12 No. 1 (2024): Vol 12 No. 1 Juni 2024

Analisis Sentimen Pada Media Sosisal Instagram Terhadap Perang Israel Vs Hamas Menggunakan Metode Naïve Bayes Dan SVM

Niken Irawati Putri (Unknown)
Amir Hamzah (Unknown)
Erfanti Fatkhiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Instagram berperan sebagai platform penting untuk berbagi informasi dan ekspresi opini publik terkait peristiwa dunia, termasuk konflik politik dan sosial seperti perang Israel vs Hamas. Instagram menjadi saluran penting bagi ekspresi opini dan sentimen publik terhadap peristiwa-peristiwa dunia. Sehingga, perlunya analisis terhadap media sosial Instagram tersebut untuk mengetahui tanggapan pengguna berupa positif, negatif atau netral terhadap Perang Israel vs Hamas.Dalam penelitian ini, analisis sentimen terhadap 8427 komentar pengguna Instagram pada akun CNN Indonesia menunjukkan bahwa 52.3% ekspresi negatif, 22.7% positif, dan 25.0% netral. Data penelitian ini diambil dari akun tersebut, dan metode pelabelan melibatkan Lexicon Based dan sentimen analisis pengguna Instagram menggunakan Naive Bayes Classifier, dan Support Vector Machine. Hasilnya menunjukkan mayoritas komentar cenderung negatif, dengan akurasi sekitar 66%, precision 68%, recall 66% dan f1-score 62% untuk Naive Bayes dan akurasi 81%, precision 81%, recall 81%, dan f1-score 81% untuk Support Vector Machine.

Copyrights © 2024