JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner)
Vol 7 No 2 (2023): JPPI Volume 7 Nomor 2 Desember 2023

Implementasi Taksonomi Bloom Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Di Sdn 042 Sulewatang Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar

Hasmawati, Hasmawati (Unknown)
Jamaluddin, Jamaluddin (Unknown)
Hasna, Hasna (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini membahas tentang tentang Implementasi Taksonomi Bloom pada proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Studi yang dimaksud dalam permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana Implementasi Taksonomi Bloom pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di SDN 042 Sulewatang Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Taksonomi Bloom pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di SDN 042 Sulewatang Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang membangun makna berdasarkan data lapangan. Prosedur penelitian kualitatif ini, menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisa dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dengan menggunakan metode penelitian analisis data secara sistematis yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: Adanya Implementasi Taksonomi Bloom pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di SDN 042 Sulewatang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan 3 aspek taksonomi Bloom yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Tahap pelaksanaan, guru menerapkan aspek kognitif pada tingkatan pengetahuan, pemahaman, dan penerapan. Aspek afektif dilihat pada tingkatan penerimaan, partisipasi, penilaian atau penentuan sikap, sedangkan aspek psikomotor dilihat pada tingkatan gerakan kompleks, dan gerakan terbimbing. Pada proses evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini guru juga menerapkan taksonomi Bloom pada aspek kognitif ditingkatan pengetahuan. Aspek afektif pada tingkatan penerimaan, partisipasi, dan pembentukan pola hidup sedangkan psikomotor siswa pada tingkatan gerakan kompleks.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner (JPPI) published by IAI DDI Polewali Mandar, jornals are published twice a year in Juni dan Desember. This journal Contains articles of thought and research results in Islamic education disciplines. This journal warmly welcomes contributions from ...