JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner)
Vol 8 No 1 (2024): JPPI Volume 8 Nomor 1 Juni 2024

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SD Inpres Antang II

Delima, Delima (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah gambaran penerapan model pembelajaran inquiry hasil belajar IPA serta mengetahui ada pengaruh positif dan signifikan penerapan model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Inpres Antang II Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel bebas adalah penggunaan inquiry dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Inpres Antang II yang jumlah siswanya 79 orang. Dalam penelitian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas VA 26 menggunakan model pembelajaran inquiry dan kelas IV C 26 orang tidak menggunakan model pembelajaran inquiry Teknik pengambilan sampel diambil dengan teknik porposive sampling. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan lembar tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran inquiry dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV di SD Inpres Antang II berada pada kategori tinggi dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada siswa SD Inpres Antang II berada pada kategori tinggi serta ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan model pembelajaran inquiry IPA pada siswa kelas IV di SD Inpres Antang II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner (JPPI) published by IAI DDI Polewali Mandar, jornals are published twice a year in Juni dan Desember. This journal Contains articles of thought and research results in Islamic education disciplines. This journal warmly welcomes contributions from ...