Tujuan penelitian ini adalah gambaran penerapan model pembelajaran inquiry hasil belajar IPA serta mengetahui ada pengaruh positif dan signifikan penerapan model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Inpres Antang II Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel bebas adalah penggunaan inquiry dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Inpres Antang II yang jumlah siswanya 79 orang. Dalam penelitian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas VA 26 menggunakan model pembelajaran inquiry dan kelas IV C 26 orang tidak menggunakan model pembelajaran inquiry Teknik pengambilan sampel diambil dengan teknik porposive sampling. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan lembar tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran inquiry dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV di SD Inpres Antang II berada pada kategori tinggi dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada siswa SD Inpres Antang II berada pada kategori tinggi serta ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan model pembelajaran inquiry IPA pada siswa kelas IV di SD Inpres Antang II.
Copyrights © 2024