Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2024): Juni-September

Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 69 Kendari

Rahman, Abdul (Unknown)
Julianti, Meli (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan Quasi Experiment (Eksperimen Semu), desain penelitian teknik One Group Pretest-Postest Design. Sedangkan pengambilan sampel dengan teknik Sampling Jenuh karena semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan satu kelompok yaitu kelas V berjumlah 18 orang sebagai kelompok eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media video sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran IPS di kelas V. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji “t” terhadap kelompok eksperimen dengan hasil yang diperoleh thitung = 5,709. Apabila dikonsultasikan dengan ttabel dengan db 17 pada taraf signifikan 5% yaitu 1,740 dengan demikian thitung > ttabel (5,709 > 1,740) yang berarti H0 ditolak. Kemudian berdasarkan hasil uji SPSS 25 For Windows juga menunjukkan bahwa Sig (2 tailed) = 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap hasil beajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 69 Kendari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...