Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak usia 5-8 tahun atau anak usia dini dalam membaca, menulis dan berhitung (calistung) di Sanggar Bimbingan At-Tanzil Serdang, Malaysia. Perkembangan anak usia dini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah pendidik atau guru yang mampu membimbing, membantu dan mengarahkan murid-muridnya. Demikian juga halnya dengan memaksimalkan potenti bahasa anak dalam hal membaca, menulis, dan berhitung. Upaya dalam meningkatkan kemampuan calistung dapat dilakukan dengan starategi belajar seraya bermain. Strategi tersebut dipilih agar dalam proses pembelajaran berlangsung tidak membosankan. Guru dapat memberikan beberapa permainan yang terintegrasi dengan pembelajaran calistung, sehingga peserta didik akan mudah memahami pelajaran tanpa rasa jenuh. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), ada 3 siklus dan 30 kali pertemuan selama 1 bulan penuh. dimana data diolah secara kuantitatif dan analisis dilakukan secara kualitatif deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan skor pada siklus I sebesar 52,67%, kemudian pada Siklus II meningkat menjadi 62,3%, dan pada Siklus III meningkat lagi menjadi 93,3%. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan strategi belajar seraya bermain mampu meningkatkan kemampuan calistung anak usia 5-8 tahun.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023