Penelitian ini merupakan upaya evaluatif terhadap program pendidikan dan pelatihan guru pendamping muda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui moda Luring Tersistem yang diselenggarakan oleh LPD SPNF SKB Kabupaten Biak Numfor. Dengan menggunakan metode penelitian evaluasi dan pendekatan deskripsi kualitatif, penelitian ini melibatkan berbagai tahap, mulai dari pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumentasi, hingga observasi terhadap kepala Satuan/LPD, instruktur diklat, panitia penyelenggara, dan peserta diklat. Hasil evaluasi menyoroti keberhasilan program dalam menyiapkan guru pendamping muda PAUD. Hasil penelitian ini adalah dapat mengungkapkan bahwa evaluasi program  pendidikan dan pelatihan berjenjang moda luring tersistem ini tidak hanya berhasil melaksanakan pembelajaran yang efektif tetapi juga mencapai hasil positif dalam peningkatan kompetensi dan motivasi peserta. Dinamika pembelajaran, partisipasi aktif peserta, dan implementasi metode pembelajaran luring menjadi sorotan positif. Dalam konteks pengembangan pendidikan anak usia dini, program ini bukan hanya menciptakan guru yang terampil secara teknis, tetapi juga membentuk individu yang berkomitmen tinggi terhadap pendidikan anak. Potensi besar program ini untuk memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan dalam pengembangan pendidikan anak usia dini di wilayah tersebut menjadi aspek penting dalam hasil evaluasi ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024