Penting sekali untuk membina kemandirian anak sejak usia dini sehingga menjadikan individu yang mandiri,percaya diri, dan cerdas di masa dewasa sehingga siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Kemandirian merupakan salah satu keterampilan dan menjadi kebutuhan terpenting sejak usia dini. Semakin dini usia anak untuk berlatih mandiri dalam melakukan tugas-tugas perkembangannya, diharapkan nilai-nilai serta keterampilan mandiri akan lebih mudah dikuasi dan dapat tertanam kuat dalam diri anak. PAUD Rumah Bermain Alit salah satu Daycare yang memberikan pendidikan anak usia dini di area kota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program practical Life yang dilakukan di PAUD Rumah Bermain Alit sebagai peningkatan kemandirian anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data verifikasi.Hasil menunjukkan implementasi program practical life terdiri dari 3 tahap diantaranya perencanaan, pelaksanaan practical life dilakukan selama anak-anak berada di sekolah dari datang sampai pupang dengan pembiasaan-pembiasaan setiap harinya serta evaluasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024