MURHUM : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol. 5 No. 1 (2024): Juli

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Alam terhadap Creative Thinking Anak Usia Dini

Priantika, Divya (Unknown)
Hasanah, Hisbiyatul (Unknown)
Hadi Pradana, Pascalian (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Tantangan di abad ke 21 anak dituntut untuk menguasai 4C, terutama creative thinking. Riset ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbasis alam terhadap Creative Thinking anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model Pre-Experimental design One-Group Pretest- Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Subjek penelitian terdiri dari 15 siswa kelompok A TK Al-Ghufron Sumberejo. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan paired sampel t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Project Based Learning berbasis Alam memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berfikir kreatif anak usia dini usia 4-5 tahun di kelompok A TK Al- Ghufron Sumberejo. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi (Sig.) yang lebih kecil dari tingkat signifikansi yang telah ditentukan yakni (0,000 < 0,05). Hasil dari penelitian model pembelajaran project based learning berbasis alam berpengaruh pada kreativitas anak usia dini di kelompok A TK Al-Ghufron sumberejo, dan diharapkan model pembelajaran PjBL ini bisa lebih banyak di pakai dan dikembangkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

murhum

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Nama Jurnal : Murhum : jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Website : https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum Publisher : PPJ PAUD Koordinator Sulawesi Terbit : 2 issues per Tahun Juli dan Desember Murhum : jurnal Pendidikan Anak Usia Dini merupakan jurnal yang menerbitkan artikel Hasil penelitian ...