Tantangan di abad ke 21 anak dituntut untuk menguasai 4C, terutama creative thinking. Riset ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbasis alam terhadap Creative Thinking anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model Pre-Experimental design One-Group Pretest- Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Subjek penelitian terdiri dari 15 siswa kelompok A TK Al-Ghufron Sumberejo. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan paired sampel t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Project Based Learning berbasis Alam memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berfikir kreatif anak usia dini usia 4-5 tahun di kelompok A TK Al- Ghufron Sumberejo. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi (Sig.) yang lebih kecil dari tingkat signifikansi yang telah ditentukan yakni (0,000 < 0,05). Hasil dari penelitian model pembelajaran project based learning berbasis alam berpengaruh pada kreativitas anak usia dini di kelompok A TK Al-Ghufron sumberejo, dan diharapkan model pembelajaran PjBL ini bisa lebih banyak di pakai dan dikembangkan.
Copyrights © 2024