Pemberian stimulus yang tepat pada anak usia dini berpengaruh terhadap seluruh aspek perkembangan anak, meliputi nilai agama dan moral, bahasa, kognitif, sosial emosional, fisik motorik serta seni Salah satu cara untuk memberikan stimulasi yang tepat agar pertumbuhan dan perkembangan anak dapat optimal maka dilakukan pembelajaran yang berbasis project-based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa temuan penelitian terkait proses penerapan model pembelajaran project-based learning pada anak usia dini dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Dapena Surabaya denganĀ  sumber data penelitian yang terdiri dari dua guru kelas dan 10 peserta didik TK Dapena Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Penerapan model pembelajaran Project-based Learning pada anak usia dini memberikan kesempatan kepada anak untuk mengolah pengetahuannya pada setiap pembelajaran berbasis proyek, serta dapat menstimulus kemampun anak sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam memecahkan suatu permasalahan pada setiap proyek. Evaluasi perkembangan anak pada pembelajaran berbasis proyek dilakukan dengan pengamatan setiap kegiatan yang dilakukan serta sudut pandang anak terhadap proyek yang dirancang oleh pendidik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024