Kasus bullying telah menjadi persoalan yang serius dan membutuhkan penanganan bersama semua elemen masyarakat. Perundungan atau bullying masih kerap terjadi di kalangan siswa dan menjadi salah satu kasus kekerasan yang sering terjadi di jenjang SD, SMP, SMA/SMK bahkan PAUD. Penelitian ini merupakan kualitatif studi kasus. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui penerapan read aloud and singing sebagai upaya pencegahan bullying pada anak usia dini di sekolah. Analisis data dilakukan melalui triangulasi sumber data. Hasil penelitian menemukan bahwa Read aloud and singing sangat baik dilakukan karena anak usia dini memerlukan metode yang menyenangkan agar lebih memahami makna bullying, akibat dan pencegahannya. Upaya pencegahan bullying dilakukan dengan mengembangkan budaya relasi/ pertemanan yang positif serta memahami dan menerima perbedaan tiap individu di lingkungan teman sebaya. Read aloud and singing diberikan dengan tema-tema cerita yang mengandung nilai karakter positif yakni yaitu tolong menolong, empati, kasih sayang, sikap ramah, toleransi dan berbagi. Dengan demikian, upaya pencegahan tersebut diharapkan agar anak-anak memiliki kebiasaan dalam menerapkan nilai-nilai karakter positif. Kata kunci: perundungan, pendidikan karakter, anak usia dini
Copyrights © 2024