Penerapan video pesta lomban Jepara ini dapat digunakan untuk diterapakan dalam media pembelajaran video guna mempngaruhi hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan video Pesta Lomban Jepara meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dan untuk memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen one grup pretest posttest design. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumenasi. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan, pada saat pretest menunjukan nilai rata- rata sebesar 42 sedangkan, saat posttest menunjukan nilai rata-rata 87. Kenaikan hasil pretest dan posttest sebesar 45. Serta nilai Uji-t diperoleh signifikan < 0,05 atau 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai thitung (27.677). Dengan melihat kriteria pengambilan keputusan pada pengujian hipotesis uji-t, maka diperoleh H0 dan Ha diterima. Artinya, penggunaan media pembelajaran video pesta lomban jepara dan berpengaruh secara positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 2 Banjaran Bangsri Jepara
Copyrights © 2024