Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang fokus pada materi bagian tumbuhan, guna mempersiapkan siswa dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang esensial dalam menghadapi tantangan pendidikan modern. Dengan menggunakan materi bagian tumbuhan dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Sabjek Pada penelitian ini siswa semester ganjil tahun ajaran 2024–2025, penelitian ini diikuti oleh 29 siswa IVC SD Telkom Makassar. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hal ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang terdapat pada setiap siklusnya. Tes untuk hasil pembelajaran, lembar observasi, dokumentasi, dan kolaborasi digunakan untuk mengumpulkan data. Peningkatan persentase siswa yang memenuhi Kriteria Kelalaian Minimum (KKM) dari 34,5% pada siklus 1 menjadi 100% pada siklus 2 dan peningkatan nilai rata-rata dari 67,76 menjadi 91,72 menunjukkan bahwa penerapan PBL berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, ada peningkatan kapasitas kolaborasi kelompok dan keterampilan berpikir kritis. Hasilnya, hasil belajar kelas IV SD Telkom Makassar meningkat sebagai hasil dari penggunaan Problem Based Learning.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024