Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol. 17 No. 1 (2024): Lentera

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Soal-Soal HOTS Tentang Ruang Lingkup Sejarah pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMAN 1 Inderalaya

Fuadiyah, Mizharotul (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam pembelajaran abad 21 terutama pembelajaran sejarah, namun kemampuan berpikir siswa Indonesia masih rendah. Hal itu dibutkitan dengan hasil PISA 2015. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana cara siswa menjawab soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis siswa melalui soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) tentang sumpah pemuda dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Data yang digunakan adalah hasil angket terkait penyusunan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills), hasil uji soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) siswa kelas X SMAN 1 Indralaya, dan hasil wawancara dengan siswa. Soal yang diujikan adalah soal sejarah peminatan dengan level kognitif C4 pada dimensi kognitif konseptual dan metakognitif. Soal ini disusun berdasarkan indikator berpikir Ennis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih belum mampu mencapai seluruh indikator berpikir kritis Ennis. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, siswa perlu dibiasakan menggunakan soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam menjawab soal sumpah pemuda pada pembalajaran sejarah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan merupakan jurnal ilmiah pada bidang pendidikan dan pembelajaran yang terbit sejak tahun 2008 dengan Nomor p-ISSN: 1979-5823 (media cetak) berdasarkan SK No. 0005.49/Jl.3.02/SK.ISSN/2008.06, tertanggal 19 Juni 2008; e-ISSN: 2620-7672 (media online) berdasarkan SK ...