Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media Game Interaktif terhadap kemampuan literasi dasar anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Latihan SPG Aisyiyah Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasi eskperimen. Populasi pada penulisan yaitu seluruh anak di Taman Kanak- Kanak Latihan SPG Aisyiyah Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dari kemampuan literasi dasar anak dengan indikator berupa mengamati, menanya, mendapatkan pengetahuan baru (eksplorasi), serta asosiasi. Hasil analisis data dengan nilai rata-rata pre-test eksperimen 12,0 dan untuk rata-rata pre-test kontrol 12,8. Perbedaan rata-rata post-test di kelas eksperimen 18,1 dan rata-rata post-test di kelas kontrol adalah 16,3. Dengan ini penulis dapat menyimpulkan bahwa media augmented reality flashcard berpengaruh sebesar 0,001 < 0,05 terhadap kemampuan literasi dasar anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Latihan SPG Aisyiyah Padang.
Copyrights © 2024