Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia dini. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Teknik dalam mengumpulkan data menggunakan instrumen berupa aspek- aspek yang akan dicapai diantaranya yaitu: tepat waktu, menggunakan benda sesuai fungsi, mentaati peraturan, antri menunggu giliran. Teknik analisis data memakai uji normalitas, homogenitas serta hipotesis. Berdasarkan analisis data, pada kelompok eksperimen hasil rata-rata Pre-test 6,9 dan post-test 10,8. Sementara pada kelompok kontrol hasil rata-rata pre-test 7,0 dan post-test 8,8. Data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Lebih kecil nilai sig (2- tailed) 0,001 dari 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode bercerita berpengaruh terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Kemala Bhanyangkari 03 Alai.
Copyrights © 2024