Jurnal Pelita PAUD
Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Pelita PAUD

Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Pembelajaran Sentra di Sekolah Laboratorium

Subekti, Ika (Unknown)
Fridani, Lara (Unknown)
Nurjannah, Nurjannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana TIK diintegrasikan dengan pembelajaran anak usia dini berbasis sentra di sekolah laboratorium yang memberikan layanan pendidikan untuk anak usia 2-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian dilakukan di salah satu sekolah laboratorium universitas negeri di Jakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah para pendidik di sekolah laboratorium yang disebut dengan “Educarer”. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan perangkat TIK berupa laptop, komputer, tablet, smartphone, televisi Android dan tape recorder dalam integrasi pembelajaran anak usia dini yang dilaksanakan di sentra pembelajaran yang mencakup Sentra Persiapan, Sentra Eksplorasi, Sentra Membangun dan Sentra Seni. Secara lebih spesifik, hasil penelitian menunjukkan optimalisasi penggunaan perangkat TIK oleh pendidik yang diintegrasikan dengan konten pembelajaran dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan pada keempat sentra pembelajaran tersebut. Temuan lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa Educarer juga menyampaikan pentingnya pelatihan untuk mengembangkan keterampilan penerapan TIK dan integrasinya dalam pembelajaran anak usia dini. Lebih lanjut, Educarer juga menyampaikan tantangan yang dihadapi dalam integrasi TIK pada pembelajaran sentra bagi anak usia 2-6 tahun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Neuroscience Other

Description

Jurnal Pelita PAUD adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi PGPAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan pada tahun 2016, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal Pelita PAUD memuat beragam disiplin ilmu pendidikan PAUD, terutama dalam lingkup teori PAUD, praktek ...