Lampuhyang
Vol 15 No 2 (2024)

Efektifitas Ethno Project Based Teaching Module Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Smk Restumuning, Tabanan

Sinta Diarini, I Gusti Ayu Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas Ethno Project Based Taching Module untuk meningkatkan kreativitas siswa SMK Restumuning. Rancangan desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimential learning yaitu dengan kelompok kelas control dan eksperimen pretest-posttest design. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif (masukan kritik, saran) dan kuantitatif (evaluasi responden berupa angket dan observasi). Teknik pengumpulan data menggunakan metode Pretest – Posttest Control Group Design yang dianalisis menggunakan uji hipotesis analitik dengan uji normalitas dan statistik inferensial dengan uji t (independent sample T-test) untuk melihat perbedaan hasil rata-rata kelompok. Jumlah penduduk kategori ini berjumlah 40 orang. Metode penelitian ini adalah purposive sampling. Pada pretest yang belum diterapkannya treatment nilai rata-rata menunjukkan hasil 108,29, nilai tertinggi 115,00, nilai terendah yaitu 99,00 dan rentang data 16,00. Setelah diberikannya treatment Ethno Project Based Teaching Module semua nilai mengalami peningkatan yaitu rata-rata menunjukkan hasil 115,74, nilai tertinggi 123,00, nilai terendah 110,00 dan rentangan data pada nilai posttest memperoleh nilai 13,00.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnallampuhyang

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal LAMPUHYANG Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penjamin Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura. Jurnal LAMPUHYANG terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan ...