Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol. 6 No. 2 (2023): JPPSI, Oktober 2023

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid: Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid

Uyun, Muhammad Badrul (Unknown)
Hermynyawaty, Emy (Unknown)
Lutfi, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rasa ingin tahu peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Manyar Gresik melalui model pembelajaran Project Based Learning untuk materi Sistem Koloid. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Manyar Gresik di tahun 2023 dengan permasalahan rasa ingin tahu peserta didik yang rendah. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan angket rasa ingin tahu peserta didik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pada siklus I diperoleh persentase keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dengan kategori sangat baik sebanyak 89,80% dan persentase rasa ingin tahu peserta didik dengan berdasarkan aspek Discover kategori efektif 66,43%, Explorer kategori efektif 66,07%, Adventurous efektif sebesar 68,93%, dan Information Gap efektif 69,64%, (2) Pada siklus II diperoleh persentase keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dengan kategori sangat baik sebanyak 94,44% dan persentase rasa ingin tahu peserta didik dengan berdasarkan aspek Discover kategori efektif 81,79%, Explorer kategori efektif 81,07%, Adventurous efektif sebesar 82,14%, dan Information Gap efektif 80,71%,. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rasa ingin tahu peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Manyar pada materi Sistem Koloid dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Project Based Learning.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) diterbitkan oleh Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ilmiah ini mendiseminasikan artikel dari hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan sains/IPA. Terbit sebanyak dua kali pada bulan ...