Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol. 6 No. 2 (2023): JPPSI, Oktober 2023

Evaluasi Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran IPA (Aplikasi Scratch)

I Wayan Suantara (Unknown)
Darmayanti, Ni Wayan Sri (Unknown)
Putra, I Putu Andika Subagya (Unknown)
Wulandari, Kadek Yuni (Unknown)
Partini, Ni Ketut Sri (Unknown)
Ulan Dari, Ni Komang Ayu (Unknown)
Pratihiwi, Kadek Jayanti Riva (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan guru kemampuan dalam penggunaan Aplikasi Scratch pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis pendekatan deskriptif kuantitatif. Peneliti menggunakan seluruh  guru yang yang mengajar di SD N 7 Manukaya sebagai subjek penelitian dan evaluasi peningkatan guru dalam menggunakan aplikasi scratch pada pembelajaran IPA sebagai objek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket. Peneliti menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dengan bantuan skala Gain Skor untuk melihat peningkatan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dari Evaluasi peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan Aplikasi Scratch dari 10 orang guru, 8 guru memperoleh hasil efektif dan 2 guru kurang efektif dalam peningkatannya. Secara keseluruhan rata-rata peningkatan N-Gain diperoleh hasil 0,8 dengan persentase tafsiran 77% dengan kategori efektif dan kriteria skor gain tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) diterbitkan oleh Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ilmiah ini mendiseminasikan artikel dari hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan sains/IPA. Terbit sebanyak dua kali pada bulan ...