Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol. 7 No. 1 (2024): JPPSI, April 2024

Analisis Bibliometrik tentang Tren dan Peluang Penelitian Pendidikan STEM dalam Pembelajaran IPA

Vivi Mardian (Unknown)
Hanifah Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Pendidikan di era 5.0 melibatkan peran teknologi dalam pembelajaran. Pendidikan STEM banyak diterapkan oleh berbagai negara untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Pendidikan STEM memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian pendidikan STEM terus ditinjau selama 10 tahun terakhir. Mengingat banyaknya manfaat STEM dalam pembelajaran, maka perlu dilakukan analisis terhadap penelitian sebelumnya untuk melihat tren dan hasil riset pendidikan STEM sebelumnya. Selain itu, penelitian ini menunjukkan peluang penelitian STEM kedepannya terutama di bidang pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan data yang disajikan dalam bentuk analisis bibliometrik. Kata kunci yang digunakan untuk mengumpulkan artikel adalah “STEM Education Research” dengan menggunakan aplikasi Publish or Perish. Hasilnya ditemukan 1000 penelitian yang diterbitkan dari tahun 2020-2022. Hasil analisis komponen STEM pada judul dan abstrak dengan menggunakan bibliometrics. Peluang penelitian STEM kedepannya yakni sikap, inovasi, peluang, dan perempuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) diterbitkan oleh Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ilmiah ini mendiseminasikan artikel dari hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan sains/IPA. Terbit sebanyak dua kali pada bulan ...