Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol. 7 No. 1 (2024): JPPSI, April 2024

Analisis Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP pada Aspek Kognitif Level Menerapkan (C3) pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi

Ramlawati (Unknown)
Sari, Aisyah Ambar (Unknown)
Muhammad Aqil Rusli (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis level hasil belajar IPA pada aspek kognitif level Menerapkan (C3) peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 30 Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 30 Makassar sebanyak 80 orang.Teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda level menerapkan (C3) pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Skor hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil belajar yang diperoleh dari penelitian ini adalah skor rata-rata yaitu 8,85 dengan persentase pencapaian 80,45%, yang termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa level hasil belajar IPA pada level Menerapkan (C3) bagi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 30 Makassar tahun pelajaran 2020/2021 berada pada kategori tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) diterbitkan oleh Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ilmiah ini mendiseminasikan artikel dari hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan sains/IPA. Terbit sebanyak dua kali pada bulan ...