Arus Jurnal Pendidikan
Vol 3 No 3: Desember (2023)

Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMK Dastamaco Kota Bekasi

Hazis, Idfan Abu (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar pada siswa kelas XI di SMK Dastamaco Kota Bekasi tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif asosiatif, instrument didapat skala sikap dengan model likert. Teknik penelitian ini menggunakan random sampling jenuh dengan responden sebanyak 36 siswa SMK Dastamaco Kota Bekasi tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil perhitungan SPSS didapat hasil pengujian linearitas dan signifikansi persamaan regresi ditentukan berdasarkan Anova table yang telah diuji melalui program SPSS diketahui bahwa nilai Fhitung 34,605. Sehingga tingkat signifikan senilai 0,00< 0,05, sehingga model regresi signifikan yang dipergunakan untuk memperkirakan variabel lingkungan sekolah atau juga bisa dikatakan terdapat pengaruh variabel lingkungan sekolah (X) terhadap variabel motivasi belajar (Y). Berdasarkan analisis uji t dilakukan dengan membandingkan thitung dengan ttabel pada tingkat signifikan (α =0,05, df1 = 1, df2 84)= ttabel sebesar 3,95 dan diperoleh nilai thitung variabel lingkungan sekolah 5,883. Hal ini berarti thitung > ttabel yakni 5,883 > 3,95, artinya lingkungan sekolah (X) ada pengaruh yang begitu signifikan, lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dan hipotesis uji t diperoleh nilai signifikan sebesar 0,00. Karena nilai signifikan kurang dari 0,05 maka hipotesis diterima, yang menyatakan adanya pengaruh antara lingkungan sekolah sebagai variabel X terhadap motivasi belajar sebagai variabel Y siswa SMK Dastamaco Kota Bekasi. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi dalam model summary table, diperoleh besarannya (R squere=kd) =0,292, berarti lingkungan sekolah dan motivasi belajar siswa SMK Dastamaco Kota Bekasi sebesar 0,292 atau 29,2% sedangkan sisanya 70,8% (100%-29,2%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ajup

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Arus Jurnal Pendidikan atau di singkat dengan (Ajup) adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil-hasil penelitian, kajian literatur, review buku pada bidang pendidikan secara umum, pendidikan yang berkaitan dengan masalah pendidikan baik siswa, guru, sekolah. selain itu, media, metode, ...