Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 3 (2023): September - Desember 2023

The effectiveness of creative problem-solving learning models on students' ability to solve HOTS questions at SMP Negeri 2 Langowan class VIII

Mandey, Angela Fern (Unknown)
Tilaar, Anetha Lyta Flora (Unknown)
Tumalun, Nicky Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam pengajaran informasi sistem persamaan linear satu variabel dan meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah yang memerlukan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Dengan menggunakan desain eksperimen semu, penelitian ini membagi siswa menjadi dua kelompok: satu kelompok yang menerima pembelajaran dengan menggunakan model CPS, dan satu lagi yang menerima pembelajaran dengan menggunakan metode yang lebih konvensional. Seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Langowan tahun ajaran 2022-2023 menjadi bagian dalam penelitian ini. Kelas VIII B sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen; 25 siswa dari setiap kelompok menjadi sampel. Ujian, lembar observasi, dan angket digunakan untuk mengumpulkan data. Metode deskriptif dan inferensial digunakan untuk menganalisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa dibandingkan dengan kelompok kontrol, rata-rata kinerja kelompok eksperimen lebih baik. Tidak hanya itu, komentar siswa terhadap paradigma pembelajaran CPS sangat menarik, dan tingkat partisipasi mereka di kelas eksperimen terus meningkat. Temuan menunjukkan bahwa paradigma pembelajaran CPS berhasil dalam situasi khusus ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...