Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 10 No 1 (2024): Januari - April 2024

Ethnomathematics study: Graph concepts in the game of dam-daman, Pasuruan district

Salsabila, Anisah (Unknown)
Marhayati, Marhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi karena untuk mendeskripsikan gambaran tentang objek yang terdapat pada budaya masyarakat. Objek dalam penelitian ini adalah permainan dam-daman yang meliputi papan permainan dan aturan bermain. Penelitian dilakukan di Desa Gempeng, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Peneliti sebagai instrumen utama dalam menghimpun informasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data hasil observasi, pengukuran, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan kecermatan pengamat kemudian diverifikasi melalui teman sejawat. Adapun analisis data menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk papan dam-daman memiliki keterkaitan dengan berbagai konsep matematika, salah satunya adalah graf. Pada dam-daman, ditemukan adanya titik, (vertex), sisi (edge), orde, ukuran, sub graf, jalan (walk), jejak (trail), lintasan (path), dan siklus (cycle). Derajat pada graf dam-daman di antaranya 2, 3, 4, 5, dan 8. Adapun jenis graf merupakan graf terhubung, sederhana, non Euler, semi Hamilton, berkromatik-3, dan berkromatik sisi-8.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...