Penyelenggara pelayanan publik ialah suatu pemenuhan kebutuhan dasar setiap masyarakat oleh pemerintah. Balai besar pengawas obat dan Makanan (BBPOM) di Padang adalah institusi pemerintahan non-kementerian untuk melayani masyarakat mengenai izin yang terkait di bidang Obat dan Makanan. Oleh hal tersebut BBPOM di Padang membuat suatu program pelayanan publik yaitu Aplikasi Galamai (Galeri Layanan Masyarakat dan Informasi). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan aplikasi Galamai pada BBPOM di Padang, mengidentifikasi kendala dalam pelaksanaan serta upaya untuk mengatasinya. Studi ini berjenis kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif dan sudut pustaka serta studi wawancara, dokumentasi dan observasi non partisipan. Hasil studi menjelaskan bahwasanya pelaksanaan aplikasi Galamai pada BBPOM di Padang telah berjalan optimal akan tetapi untuk kegiatannya ada beberapa permasalahan yang mempengaruhi implementasinya yang dinilai tidak cukup efektif. Berdasarkan data dilapangan, masih ada masyarakat dan stakeholders serta para pegawai yang mengeluhkan kendala diantaranya tidak dapat diaksesnya aplikasi Galamai sendiri, terkendala sinyal yang mengakibatkan terhentinya kegiatan pelayanan. Dari hasil tersebut dapat dikatakan pelaksanaan aplikasi Galamai sudah baik, namun belum cukup dikatakan efektif.
Copyrights © 2024