Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan transformasi promosi pariwisata di kota Pariaman yang dilakukan oleh Cik Uniang Cik Ajo duta wisata dengan menganalisis strategi serta menetapkan strategi yang tepat. Latar belakang penelitian ini adalah belum optimalnya kegiatan promosi pariwisata yang dilakukan oleh Cik Uniang Cik Ajo duta wisata serta adanya dampak dari perkembangan teknologi dan informasi kegiatan promosi wisata dan juga berdampak pada perubahan perilaku wisatawan. Kualitatif deskriptif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis SWOT digunakan sebagai teknik analisis data dan teknik purposive sampling sebagai teknik pemilihan informan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa dalam rangka pelaksanaan transformasi promosi pariwisata di kota Pariaman, Cik Uniang Cik Ajo telah berupaya melakukan perubahan cara promosi dengan memanfaatkan teknologi dan menyesuaikan dengan perubahan perilaku masyarakat dalam berwisata dan mencari informasi seputar objek wisata. Namun pelaksanaan kegiatan trasnformasi ini belum berjalan dengan optimal, hal ini dlihat dari belum intensifnya pembuatan konten promosi pariwisata oleh Cik Uniang Cik Ajo serta masih kurangnya esksistensi Cik Uniang Cik Ajo sebagai duta wisata duta wisata dan promotor pariwisata di kalangan masyarakat.
Copyrights © 2024