EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 7 No 2 (2023): EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MENURUT TEORI POLYA BERBANTUAN CANVA UNTUK MENGEFEKTIFKAN PEMBELAJARAN STATISTIKA PADA SISWA KELAS VI DI SDN PARE 2 KEDIRI

Nur Fatma, Tiara (Unknown)
Masyhud, Sulthon (Unknown)
Alfarisi, Ridho (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan matematika yang harus dimiliki siswa. Faktanya kemampuan pemecahan masalah siswa rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Permasalahan tersebut menyebabkan pembelajaran matematika tidak efektif danrhasil belajar siswa tidak optimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul matematika berbasis pemecahan masalah menurut teori Polya berbantuan canva yang valid, efektif, dan praktis untuk mengefektifkan pembelajaran matematika. Desain penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan (RnD) Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di siswa kelas VI SDN Pare 2 Kediri. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara, observasi, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil analisis data uji validitas produk yang diperoleh dari skor validasi ahli media, ahli materi, dan praktisi memperoleh skor 88,67% dengan kategori sangat layak. Keefektifan modul diperoleh dari pretest dan postest kelas eksperimen dan kontrol yang menggunakan independent sample t-test diperoleh t- hitung 9,90 lebih besar dari t-tabel 1,697 maka produk modul dinyatakan lebih efektif dari buku paket siswa sebelumnya. Hasil uji keefektifan relatif modul sebesar 73,25% tergolong keefektifan tinggi. Berdasarkan angket respon siswa uji kepraktisan modul memperoleh skor 88,22% dengan kriteria sangat praktis. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah menurut teori Polya berbantuan canva dinyatakan valid, efektif, dan praktis digunakan dalam pembelajaranrmatematika materi statistika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Pare 2 Kediri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Other

Description

EduSTREAM merupakan jurnal berfokus pada perkembangan pendidikan sekolah dasar. Bahan kajian dalam jurnal EduSTREAM terdiri dari ilmu pengetahuan alam, teknologi, religi, etnopedagogi, seni, dan matematika. Jurnal yang diterbitkan merupakan hasil dari ...