Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan matematika yang harus dimiliki siswa. Faktanya kemampuan pemecahan masalah siswa rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Permasalahan tersebut menyebabkan pembelajaran matematika tidak efektif danrhasil belajar siswa tidak optimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul matematika berbasis pemecahan masalah menurut teori Polya berbantuan canva yang valid, efektif, dan praktis untuk mengefektifkan pembelajaran matematika. Desain penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan (RnD) Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di siswa kelas VI SDN Pare 2 Kediri. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara, observasi, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil analisis data uji validitas produk yang diperoleh dari skor validasi ahli media, ahli materi, dan praktisi memperoleh skor 88,67% dengan kategori sangat layak. Keefektifan modul diperoleh dari pretest dan postest kelas eksperimen dan kontrol yang menggunakan independent sample t-test diperoleh t- hitung 9,90 lebih besar dari t-tabel 1,697 maka produk modul dinyatakan lebih efektif dari buku paket siswa sebelumnya. Hasil uji keefektifan relatif modul sebesar 73,25% tergolong keefektifan tinggi. Berdasarkan angket respon siswa uji kepraktisan modul memperoleh skor 88,22% dengan kriteria sangat praktis. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah menurut teori Polya berbantuan canva dinyatakan valid, efektif, dan praktis digunakan dalam pembelajaranrmatematika materi statistika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Pare 2 Kediri.
Copyrights © 2023