JURNAL CURERE
Vol 7, No 2 (2023): Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Curere

PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI

Lasmaria, Elisabeth Ruthana (Unknown)
Ginting, Zenni Putri Rotua Br. (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kemampuan menyimak dan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak Kelas VI A dan VI B di SD Negeri 040447 Kabanjahe antara lain kemampuan menyimak dan kosakata bahasa Inggris anak masih rendah, siswa kurang antusias dalam pembelajaran bahasa Inggris, guru masih menggunakan metode konvensional/ceramah, dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini temasuk penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen non equivalent pre test-post test control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI A dan VI B di SD Negeri 040447 Kabanjahe. Sampel penelitian berjumlah 36 anak dimana 18 anak sebagai kelompok eksperimen dan 18 anak sebagai kelompok control. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pengaruh metode Total Physical Response terhadap kemampuan menyimak anak menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan. 2) pengaruh metode Total Physical Response terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris anak menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan. 3) pengaruh metode Total Physical Response berbantuan media flash card terhadap kemampuan menyimak anak menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan. 4) pengaruh metode Total Physical Response berbantuan media flash card terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris anak menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan. Keberhasilan tersebut dikarenakan pemberian stimulasi pengenalan kosakata bahasa Inggris melalui penggunaan media flash card menghasilkan respon dari anak berupa anak dapat melafalkan kata, meyimak kata, mengenal tulisan kata dan memahami arti kata. Luaran dari penelitian ini adalah sebuah inventori/acuan tentang kemampuan siswa dalam menyimak dan penguasaan kosa kata bahasa inggris pada anak usia dini, disamping itu hasil dari penelitian ini akan didesiminasikan kepada pihak publikasi jurnal ilmiah nasional terakreditasi Jurnal Curere.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CURERE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal contains writings on the results of research in the field of Teacher Training either from Universitas Quality Lecturers and or from the others. The scopes of the research includes curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education ...