Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang
Vol. 4 No. 1 (2024): Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang

PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA DI KABUPATEN KARAWANG

Citra Dewi (Unknown)
Wina Lova Riza (Unknown)
Citra Hati Leometa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku agresif pada remaja di Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kausal-komparatif dengan sampel sebanyak 173 orang remaja yang ada di Kabupaten Karawang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik sampel incidental sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan skala psikologi jenis likert yaitu skala Game Addiction Scale (GAS) dari Lemmens, Valkenburg, dan Peter (2009) dan skala Aggression Questionare (AQ) dari Buss dan Perry (1992). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya ada pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku agresif pada remaja di Kabupaten Karawang. Hasil uji determinasi dapat diketahui bahwa nilai R square sebesar 0,276 atau 27,6%, maka besaran pengaruh variabel kecanduan game online terhadap variabel perilaku agresif sebesar 27,6%, sedangkan sisanya 72,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. The purpose of this study was to determine the effect of online game addiction on aggressive behavior in adolescents in Karawang Regency. This study used a quantitative approach with a causal-comparative research design with a sample of 173 adolescents in Karawang Regency. The sampling method used was non-probability sampling with incidental sampling technique. This research instrument uses Likert-type psychological scales, namely the Game Addiction Scale (GAS) scale from Lemmens, Valkenburg, and Peter (2009) and the Aggression Questionare (AQ) scale from Buss and Perry (1992). The results of this study indicate that the significance value is 0.000 <0.05, then Ha is accepted and H0 is rejected, meaning that there is an influence of online game addiction on aggressive behavior in adolescents in Karawang Regency. The results of the determination test can be seen that the R square value is 0.276 or 27.6%, so the amount of influence between the online game addiction variable on the aggressive behavior variable is 27.6%, while the remaining 72.4% is influenced by other variable not examined in this study.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Empowerment

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Secara garis besar jurnal empowerment bertujuan untuk membangkitkan semangat dan motivasi mahasiswa-dosen dalam melakukan publikasi artikel ilmiah secara bersama di Fakultas Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang. Metode yang digunakan untuk meningkatkan semangat dan motivasi mahasiswa ...