ABSTRAKPenelitian bertujuan untuk mengetahui rancang bangun Augmented Reality (AR) untuk literasi musik tradisional Bali bagi siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini dilakukan kepada 15 siswa-siswi di sebuah sekolah di Kabupaten Tabanan Bali yang mengikuti ekstrakurikuler Gamelan Bali. Penelitian menggunakan metode MDLC versi Luther -Â Sutopo yang mempunyai kelebihan dari fleksibelnya dalan perbaikan disetiap tahap dan pada sisi lainnya metode Luther sutopo dapat digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak berbasis multimedia dan dapat dilakukan pada penelitian individu. Metode ini terdiri dari 6 tahapan antara lain Concept, Design, Material Collection, Assembly, Testing, Distribution. Aplikasi BALIMU diuji dengan menggunakan black box testing.Kata Kunci:Â augmented reality, alat musik tradisional BaliABSTRACTThe research aims to determine the design and development of Augmented Reality (AR) for traditional Balinese music literacy for secondary students. This study was done on 15 students at a public secondary school di Tabanan Bali who took part in the Balinese Gamelan extracurricular. The research uses the Luther - Sutopo version of the MDLC method which has the advantage of being flexible in improving at each stage on the other hand the Luther-Sutopo method can be used to develop multimedia-based software and can be carried out on individual research. This method is composed of 6 phases, including Concepting, Designing, Material Collecting, Assembling, Testing, and Distributing. The BALIMU application is tested using black box testing.Keyword:Â augmented reality, traditional Balinese musical instruments
Copyrights © 2024