Juni-Jurnal Pelita Nusa
Vol 2 No 1 (2022): Juni-Jurnal Pelita Nusa

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DI KELAS XI IPA 1 SMAN 1 CIGALONTANG KABUPATEN TASIKMALAYA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Hidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas XIIPA 1 SMAN 1 Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya semester ganjil tahun pelajaran2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi peserta didik dikelas XI IPA 1 SMAN 1 Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya semester ganjil tahunpelajaran 2020/2021, dan Untuk mengetahui upaya meningkatkan motivasi belajarpeserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture andpicture di kelas XI IPA 1 SMAN 1 Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya semesterganjil tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam2 siklus yaitu siklus I dengan dua kali pertemuan dan siklus II dengan dua kalipertemuan. Subyek penelitian adalah 32 orang peserta didik yang ada di kelas XIIPA 1 SMAN 1 Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukkanadanya peningkatan motivasi belajar peserta didik. Untuk motivasi belajar pesertadidik berdasarkan hasil perhitungan pada siklus I adalah sebanyak 19 orang atausekitar 59,4 % peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran Biologi sedangkanpeserta didik yang belum tuntas sebanyak 13 orang atau sekitar 40,6 %. Sedangkanpada siklus II terjadi peningkatan yang sangat signifikan bila dibandingkan padasiklus I. Perolehan hasil motivasi belajar peserta didik tersebut adalah sebanyak 31orang atau sekitar 96,87 % yang sudah tuntas. Hanya 1 orang atau sekitar 3,13 %peserta didik yang belum tuntas sesuai dengan KKM dikarenakan sakit dan tidakmengikuti pembelajaran Biologi materi struktur dan fungsi jaringan padatumbuhan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture andpicture. Hal ini dikarenakan antara siklus I dan siklus II sudah dilakukan tindakanyaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe picture and picturedengan menerapkan pembelajaran secara berkelompok. Selanjutnya penelitiantindakan ini dilaksanakan dapat disimpulkan berhasil karena penerapan modelpembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan motivasibelajar peserta didik khususnya di kelas XI IPA 1 SMAN 1 Cigalontang KabupatenTasikmalaya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Ekonomi Islam, Manajemen dan Bisnis Syariah (MBS), Lembaga Keuangan Syariah (LKS), Ekonomi dan Manajemen, Akuntansi. Hukum Islam Hukum Ekonomi Syari’ah (Mu’amalah), Hukum Keluarga Islam. Kepemimpinan di bidang Pendidikan, Manajemen Sekolah, Manajemen Pendidikan Tinggi, Manajemen Pesantren, ...